LPPM Unipdu – Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) melakukan diseminasi program Machingfund yang bertujuan untuk penguatan penelitian di kampus tersebut. Program ini juga melibatkan kerjasama dengan OWSD (Organization for Women in Science for the Developing World).

Dalam acara tersebut, Rektor Unipdu, Dr. dr. H.M. Zulfikar As’ad, MMR memberikan sambutan. Beliau menyampaikan pentingnya penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rektor juga menekankan komitmen Unipdu dalam mendukung penelitian yang berkualitas.

Selanjutnya, Assoc. Prof. Hj. Uswatun Qoyyimah, M.Ed., Ph.D memberikan pengarahan mengenai peningkatan penelitian di Unipdu. Beliau menjelaskan strategi dan langkah-langkah yang akan diambil untuk meningkatkan kualitas penelitian di kampus tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh narasumber Sri Fatmawati, PhD. Beliau berbagi pengalaman dan pengetahuannya dalam bidang penelitian. Narasumber ini memberikan wawasan baru bagi peserta acara mengenai pentingnya penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam acara tersebut, Unipdu juga menandatangani kerjasama dengan OWSD. Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat peran perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara berkembang. Program Machingfund dan kerjasama dengan OWSD diharapkan dapat memberikan dorongan bagi penelitian yang inovatif dan berkualitas di Unipdu. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan Unipdu dapat terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut ketua tim pengusul Machingfund wiwit denny fitriana memaparkan hasil penelitianya yaitu “Pembuatan Pakan Ternak Ikan Mandiri dengan Probiotik ” hasil penelitian ini telah lulus uji standart SNI dan telah terdaftar PATEN. Anggota tim pengusul Machingfund di unipdu diantaranya Anggota pertama adalah Chandra Sukma Anugrah, M.Kom, yang akan berkontribusi dalam aspek teknologi informasi dan sistem manajemen data dalam penelitian ini. Sementara itu, Bakri, M.Pd, bertanggung jawab dalam aspek Kemahasiswaan dalam program Magang Mahasiswa di Industri.

Anggota selanjutnya, Anna Qomariana, S.E, M.Pd.I, akan membawa perspektif ekonomi dan kewirausahaan dalam penelitian ini. Dan tidak ketinggalan, peran Mukhamad Masrur, M.Kom, sebagai anggota kelima yang akan turut memperkuat tim dalam sistem manajemen data dan Teknologi Informasi.

Ketua LPPM Dr. Nur Ulwiyah, M.Pd.I mendukung penuh acara tersebut karena dengan peningkatan kualitas penelitian di unipdu akan berdampak pada Kenaikan IKU (Indikator Kinerja Utama) yang ada di Perguruan Tinggi.

Sumber



Leave a Reply